Posted by: Hendra Siry | 6 November, 2011

BUMN Siapkan Skuadron Kapal Penangkap Ikan

JAKARTA – Pemerintah berupaya menepati janji untuk mempercepat pengembangan potensi badan usaha milik negara (BUMN). Kali ini, Kementerian BUMN siap membesarkan BUMNBUMN kecil yang sebenarnya memiliki potensi besar. Salah satunya adalah PT Perikanan Nusantara.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, pihaknya sedang mengeksplorasi potensi besar sektor perikanan melalui PT Perikanan Nusantara. “BUMN ini akan membentuk skuadron-skuadron kapal penangkap ikan,” ujarnya di Kantor Kementerian BUMN kemarin (4/11).

Menurut Dahlan, dirinya meminjam istilah skuadron untuk menggambarkan armada 16 kapal penangkap ikan yang segera dibeli oleh PT Perikanan Nusantara. Kapal-kapal itu akan ditempatkan di tiga lokasi, yakni Sorong, Ambon, dan Bitung. Target produksi yang dibebankan terhadap 18 kapal penangkap ikan tersebut sebesar 1.000 ton ikan per tahun. “Itu masih kecil. Tapi, untuk tahap awal sudah sangat bagus, tinggaldiperbesar,” katanya.

Menurut Dahlan, BUMN perikanan itu juga akan memulai program Go West. Artinya, PT Perikanan Nusantara yang banyak beroperasi di wilayah Indonesia Timur akan memasok ikan hasil tangkapannya ke wilayah Indonesia Barat “Khususnya Jawa,” ucapnya.

Bagaimana kebutuhan modal? Dahlan mengatakan bahwa PT Perikanan Nusantara memang pernah termasuk BUMN rugi. Namun, sekarang kinerjanya, sudah membaik. “Untukpenga-daan kapal, butuh Rp 300 miliar. Itu kami hitung bankable (memenuhi syarat mendapatkan kredifbank),” ujarnya.

BUMN lain yang akan dibesarkan adalah Perum Prasarana Pelabuhan Perikanan. Dahlan mengatakan, saat ini, BUMN tersebut sedang menyiapkan dana Rp 100 miliar untuk investasi. Salah satunya pembangunan dok kapal nelayan di Muara Baru, Jakarta. “Mereka (direksi) jitu membidik bisnis yang prospektif, yakni melayani perbaikan kapal nelayan,* katanya. (owi/c6/fat)

Sumber : Indopos 5 November 2011 Hal J05


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: