Posted by: Hendra Siry | 20 October, 2011

Fadel Sudah Lama Jadi Target SBY

Fadel Muhammad bersama istrinya, Hana Hasanah, di Istana Negara. Foto: tribunnews/herudin

JAKARTA | SURYA – Berbagai spekulasi tentang dicopotnya Fadel Muhammad dari kursi Menteri Kelautan dan Perikanan akhirnya terjawab sudah. Ternyata, Fadel memang sudah lama menjadi incaran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk diganti lantaran kinerjanya yang tak memuaskan.

Kesimpulan itu terungkap dari hasil pertemuan empat mata antara Fadel Muhammad dan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (19/10) sore.

Menurut Fadel, mengutip penjelasan Aburizal, Presiden SBY ternyata sudah lama menginginkan agar dua kader Golkar yang duduk di kabinet, yakni Agung Laksono dan dirinya diganti. Presiden telah lebih dari empat kali meminta hal itu, namun selalu gagal.

Pada keputusan terakhir, akhirnya Presiden meminta dirinyalah yang diganti dengan salah satu petinggi Partai Golkar, Theo Sambuaga atau Syarif Tjitjip Soetardjo. “Artinya, Presiden memang sudah memutuskan siapa nama menteri dari Golkar yang akan diganti dan itu bukan usulan dari Partai Golkar. Pak SBY nggak puas dengan kinerja saya,” jelas Fadel.

Dikatakan, dengan penjelasan itu, dirinya sudah merasa tidak dizalimi lagi. “Saya sudah bekerja dua tahun. Kalau saya mau diberhentikan (seharusnya) bilang dong. Pak Fadel, tugas kamu selesai dua tahun. Saya terima kasih tugas kamu sudah bagus begini, begini,” sergahnya.

Dalam kesempatan terpisah, Aburizal Bakrie membenarkan bahwa pencopotan Fadel telah mendapatkan persetujuan darinya selaku ketua umum DPP Partai Golkar. Ia juga membantah ada konflik internal, mengingat nama yang sebelumnya dikabarkan akan dicopot adalah Menko Kesra, Agung Laksono.

Sementara itu, meski sempat kecewa, Fadel berbesar hati menghadiri pelantikan Menteri dan Wakil Menteri baru hasil perombakan di Istana Negara. Istri Fadel, Hana Hasanah, nampak meneteskan air mata usai acara pelantikan menteri oleh Presiden. Fadel pun terlihat menepuk-nepuk bahu istrinya agar dapat tegar menerima hal tersebut.

Seperti diketahui, detik-detik menjelang hilangnya jabatan Fadel sudah terasa sejak Selasa sore, saat dia tiba-tiba muncul di Istana. Fadel datang dengan wajah tegang. Dari pengakuan Fadel, hari Selasa lalu, ia dihubungi Mensesneg Sudi Silalahi sekitar pukul 15.30 yang mengabarkan posisinya aman. Sekitar pukul 17.00 Fadel kemudian ke Istana.

Namun di Kantor Presiden, Fadel tidak bisa langsung masuk lantaran di dalam ada audisi calon Menteri Negara Lingkungan Hidup. Namun setelah menunggu beberapa saat, akhirnya Fadel bisa masuk Kantor Presiden, meski tidak lama.

Tak lama kemudian, Fadel keluar lagi. Ternyata, Fadel tidak ditemui Presiden SBY. Ia enggan menjelaskan apakah dirinya memang benar-benar telah mendapat ‘tanda aman’ dari sang Presiden. “Sudahlah, saya kira sudah selesai. Nggak ada masalah apa-apa. Saya kan nggak ada masalah apa-apa, gimana sih,” kata Fadel dengan serius.

Saat ditanya tentang Tjitjip hari itu, yang dikabarkan akan menggantikannya di Kementerian DKP, Fadel menunjukkan rasa ketidaksukaannya. “Saya nggak tahu, kalian tanya Pak Tjitjip. Masak tanya dia, kamu suruh saya,” elak Fadel sembari berlalu meninggalkan wartawan.

Pihak Istana menyebut, kedatangan Fadel yang misterius saat itu tidak ditemui Presiden lantaran waktunya mepet dengan waktu salat Maghrib, sementara Presiden belum selesai melakukan audisi menteri. Sebelumnya, banyak spekulasi yang berkembang ihwal penggantian Fadel. Ada yang menyebut dia kalah posisi dibanding Agung Laksono, yang sebelumnya dikabarkan akan digusur.

Namun ada kabar juga yang menyebut, SBY sendiri memang tidak berkenan dengan Fadel Muhammad. Nah, sekitar lima menit menjelang pengumuman, dia dihubungi Sudi Silalahi yang mengabarkan ada surat dan namanya tidak lagi masuk dalam kabinet.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: