Posted by: Hendra Siry | 6 October, 2010

Hutan Mangrove Boalemo Berkurang

Hasil riset interpretasi penutup lahan dan perubahan luas hutan mangrove di wilayah pesisir Teluk Tomini menunjukkan luas hutan mangrove di Kabupaten Boalemo, Gorontalo berkurang dari tahun ke tahun. “Riset yang dilakukan dalam program Teluk Tomini selama bulan April 2010 itu mencatat hutan mangrove di wilayah itu tinggal 1.451.80 hektar atau 14,52 kilo meter persegi,” kata Haris Malik, Direktur Jaring advokasi dan pengelolaan sumber daya alam (Japesda), yang menjadi mitra Program Teluk Tomini, Rabu.

Ia menjelaskan kerusakan itu merupakan akibat maraknya pembukaan tambak ikan dan udang yang tidak mempedulikan kelestarian lingkungan. “Pada periode 1988 hingga 1991, luas mangrove di Boalemo masih mencapai 1.534.51 hektar, atau atau 15,35 kilometer persegi,” katanya.

Dia menjelaskan, tambak ikan dan udang yang dibuka di kawasan hutan mangrove yang dilindungi, bahkan disetujui oleh pemerintah daerah setempat, dengan alasan untuk kesejahteraan masyarakat. “Pembukaan tambak ini seperti sistem ladang berpindah, setelah dirasa tidak lagi menghasilkan, maka areal tambak itu ditinggalkan begitu saja oleh masyarakat, yang kemudian kembali membuka areal tambak yang baru,” Ujarnya.

Pihaknya berharap, pemerintah daerah segera merehabilitasi lahan mangrove yang telah rusak akibat kegiatan tambak masyarakat itu, serta membuat regulasi khusus dalam bentuk peraturan daerah, terkait dengan hal itu. “Selain itu, kami mendesak aparat hukum, agar melakukan investigasi dan menindak pelaku-pelaku perusakan hutan mangrove,” katanya. Menurutnya, hutan mangrove sangat berperan penting bagi kelangsungan ekosistem di wilayah pesisir, dengan fungsi utama mencegah abrasi. (KR-SHS/B013)

Antara, 6 Oktober 2010

Gorontalo


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: