Posted by: Hendra Siry | 29 January, 2010

Rumah, Tambak, dan Sawah Kebanjiran: Penundaan Masa Tanam Padi Jangan Ganggu Pasokan

KOMPAS/TIMBUKTU HARTHANA
Air Sungai Cisanggarung melimpas dan mengakibatkan tiga dusun di Desa Tawangsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir, Kamis (28/1). Tidak hanya rumah penduduk yang kebanjiran, ratusan tambak bandeng serta kebun bawang dan tanaman padi ikut terendam. Potensi kerugian akibat banjir diperkirakan Rp 1,5 miliar.

Kompas, Jumat, 29 Januari 2010 | 03:17 WIB

Cirebon, Kompas – Sebanyak 272 rumah dan ratusan hektar tambak milik warga di tiga dusun di Desa Tawangsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir akibat limpasan air Sungai Cisanggarung. Kerugian akibat banjir diperkirakan Rp 1,5 miliar.

Debit air Sungai Cisanggarung yang meninggi sejak Rabu (27/1) malam mulai melimpas ke permukiman, sawah, dan tambak, Kamis sekitar pukul 01.00. Tinggi air yang menggenangi jalan desa dan masuk ke rumah mencapai selutut orang dewasa.

Tiga dusun yang tergenang adalah Dusun Karangmulya, Sadeg, dan Tegur. Selain 272 rumah, juga tergenang 300 hektar tambak udang dan bandeng, 75 hektar kebun bawang, serta 10 hektar tanaman padi.

Hingga pukul 06.00 banjir terus meninggi, tetapi menjelang siang banjir mulai surut. Penyebab banjir adalah tanggul Sungai Cisanggarung sepanjang 35 kilometer (dari Desa Tawangsari hingga muara sungai) terlalu rendah. Akibatnya, ketika debit air dari hulu sungai (Kabupaten Kuningan) meningkat, tanggul tak mampu menahan air.

Kepala Desa Tawangsari Zaenuddin mengatakan, banjir kali ini terbilang parah dibandingkan dengan banjir tahun lalu. Selain di Desa Tawangsari, tanggul Sungai Cisanggarung di Desa Kalirahayu, Kecamatan Losari, rawan jebol.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Cirebon Deni Agustin, evakuasi warga belum perlu dilakukan, tetapi masyarakat diimbau waspada potensi banjir susulan.

Menurut Amirudin (42), Ketua Kelompok Pantai Pesisir Maju Desa Tawangsari, kerugian petambak ditaksir Rp 500 juta.

Petani bawang dan padi juga resah. Tanaman mereka akan busuk jika banjir tidak surut dalam tiga hari.

Jangan ganggu pasokan

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan Jabar Oo Sutisna, Kamis, menyatakan, penundaan penanaman padi untuk menghindari banjir harus diatur dan disesuaikan dengan perkiraan cuaca agar pasokan beras di Jabar tidak terganggu.

Menteri Pertanian Suswono dalam kunjungan ke Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Senin (24/1), mengimbau petani untuk menunda masa tanam demi menghindari meluasnya bencana banjir yang mengakibatkan gagal panen.

Tanaman padi petani di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, juga terendam. Selama Januari dilaporkan, lebih dari 200 hektar tanaman padi rusak karena banjir di Kecamatan Purwoasri dan Kecamatan Tarokan.

Banjir di Tarokan terjadi akibat jebolnya tujuh titik tanggul di Sungai Sumberbakung dan Sungai Kolokoso yang menampung kiriman air dari Gunung Wilis. Sementara di Purwoasri, banjir disebabkan luapan anak Sungai Brantas.

Kepala Bagian Humas Pemkab Kediri Eko Setiyono mengatakan, pihaknya sudah mengirim sedikitnya 2.000 karung berisi pasir dan 50 sesek ke Desa Jati, Kecamatan Tarokan. Hal itu diharapkan sementara mampu menutup tanggul yang jebol.

Saat ini paling tidak lima wilayah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, rawan banjir, yaitu Kecamatan Ketanggungan, Ranjung, Losari, Wanasari, dan Brebes. Wilayah itu dilalui sungai besar, misalnya Brebes dilalui Sungai Pemali, Ketanggungan dilalui Sungai Babakan, dan Losari dilalui Sungai Cisanggarung.

Rabu malam, banjir melanda Desa Karangjunti dan Bojongsari, Kecamatan Losari, akibat luapan Sungai Cisanggarung, dan menggenangi paling tidak 300 rumah. Kamis pagi banjir surut menyisakan lumpur. Selain rawan banjir, Brebes juga rawan longsor.(THT/GRE/NIK/WIE/EGI)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: