Posted by: Hendra Siry | 20 December, 2009

Fadel Serukan Penyelamatan Laut di Kopenhagen

Fadel Serukan Penyelamatan Laut di Kopenhagen
ANTARA

JAKARTA–Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyerukan kepada dunia untuk menyelamatkan laut dari efek pemanasan global pada pelaksanaan “The Ocean Day” (Hari Kelautan) di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim, Kopenhagen.

Berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, Fadel bersama Menteri Lingkungan Hidup, Pangan, dan Pedesaan (DEFRA) Inggris, Hon Hilary Benn MP, pada kesempatan tersebut menyampaikan butir-butir pemikiran akan pentingnya dimensi kelautan dalam negosiasi perubahan iklim.

Ia menegaskan agar seluruh mitra kelautan di dunia perlu bersama menyelamatkan laut dan menyelamatkan masyarakat dan komunitas yang tinggal di wilayah pesisir, pulau-pulau dan kepulauan, karena dampak perubahan iklim terhadap laut dan pesisir telah nyata dengan adanya kenaikan paras air laut, pemutihan terumbu karang dan pengasaman laut.

Lebih lanjut Fadel menjelaskan bahwa Indonesia sangat berkomitmen dalam menanggulangi dampak perubahan iklim melalui upaya pelestarian dan konservasi ekosistem laut, pesisir dan pulau-pulau kecil.

Komitmen Indonesia tersebut, lanjut dia, telah mendapat apresiasi dari dunia internasional dengan ditunjukkannya Indonesia sebagai Sekretariat Regional “Coral Triangle Initiative” (CTI) yang bertempat di Manado, Sulawesi Utara.

Selain itu, ia mengatakan Indonesia juga terpilih sebagai Ketua Dewan Menteri CTI yang merupakan prakarsa enam Negara, yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Timor Leste, Kepulauan Solomon, dan Papua Nugini.

Fadel juga mengutip kebijakan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) yang dilakukan oleh Indonesia, sesuai dengan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pertemuan G-20, yang menargetkan penurunan emisi 26 persen sampai 2020 dengan upaya dan prakarsa sendiri, serta 41 persen apabila ada dukungan internasional sampai dengan 2020.

Dunia internasional harus menempatkan pengarustamaan dimensi kelautan dalam perubahan iklim global sebagai amanat Deklarasi Kelautan Manado, tegas Fadel.

Hal ini selaras dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang rentan terhadap dampak perubahan iklim dan sangat berkepentingan terhadap keberadaan mitra, dan tersedianya dukungan berbagai upaya adaptasi dan mitigasi serta alih teknologi dalam program adaptasi dampak perubahan iklim.

Kegiatan “The Ocean Day” sendiri dibuka secara resmi oleh Pangeran dari Monaco H S H Prince Albert II, dan diawali dengan penyampaian laporan dan pengantar dari Direktur Eksekutif European Environment Agency, Prof Jacqueline McGlade, Co-Chair dan Kepala Sekretariat Global Forum on Oceans, Coasts, and Islands Universitas Delaware, Dr Biliana Cicin-Sain.

Kegiatan tersebut yang mengangkat tema pengarustamaan kelautan, pesisir dan pulau-pulau kecil dalam perubahan iklim (The Importance of Oceans, Coasts, and Small Island Developing States in the Climate Regime) dihadiri sebanyak 150 peserta dari 39 negara yang terdiri dari para pakar, pengambil kebijakan dan pengamat kelautan dari seluruh dunia, hadir untuk mendiskusikan berbagai isu kelautan, pesisir dan pulau-pulau kecil yang mendesak untuk segera ditangani dalam kerangka perubahan iklim.

Rangkaian acara itu diakhiri dengan Panel 6 (Perspectives from World Leaders and Reception) yang dimoderatori oleh Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Gellwynn Jusuf.

Gellwynn bertindak memperkenalkan tokoh-tokoh kunci kelautan dari beberapa badan-badan internasional kelautan yang mempunyai peran kunci dalam memberikan dampak upaya penurunan emisi karbon di atmosfer, antara lain dari Program Lingkungan PBB (UNEP), Bank Dunia, Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Sumber:  Republika Newsroom, Rabu, 16 Desember 2009 pukul 21:22:00


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: