Posted by: Hendra Siry | 10 November, 2009

SBY: Posisi Indonesia dalam Mengelola Perubahan Iklim Sudah Jelas

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan bahwa Indonesia sudah memiliki posisi yang jelas dalam ikut serta mengelola perubahan iklim global. Hal tersebut ditegaskan SBY saat memaparkan prioritas program 100 hari pemerintahan SBY-Boediono di Kantor Presiden, Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/11).

“Indonesia sudah punya posisi yang jelas, rencana yang jelas, timeline yang jelas, dan partnership yang jelas,” ujar SBY saat menjelaskan program untuk mengatasi perubahan iklim. SBY mengatakan, dalam 100 hari pertama, pemerintahannya akan menyelesaikan rencana aksi lima tahun mendatang yang merinci kontribusi Indonesia dalam mengelola perubahan iklim dan pemanasan global.

Hal pertama yang akan menjadi perhatian adalah pengelolaan hutan. Menurut Presiden SBY, ada keperluan untuk menertibkan dan menata lahan dan tata ruang. “Agar tidak banyak lahan telantar yang tidak dirawat sehingga ekosistem tidak bisa dijaga mendatangkan kesejahteraan juga tidak. Tentu hal ini tidak boleh terjadi,” ujar Presiden.

Presiden menyatakan, pemerintah akan memastikan dalam memelihara hutan di seluruh Indonesia bisa terlaksana dengan baik, melanjutkan mengintensifkan upaya pemberantasan pembalakan liar, mencegah pembakaran dan kebakaran hutan, memelihara hutan lindung, dan mengelola hutan tanam industri dengan seharusnya. “Dengan demikian, dari aspek hutan Indonesia bisa mencegah upaya pemanasan global yang tidak perlu,” ujar SBY.

Lebih lanjut SBY menyatakan, sebagai negara kepulauan, Indonesia bisa berkontribusi dalam mengelola perubahan iklim melalui fungsi kelautan dengan terumbu karang. Posisi Indonesia dalam mengelola laut dan terumbu karang tertuang dalam Manado Ocean Declaration yang disepakati dalam Konferensi Kelautan Dunia di Manado belum lama ini.

“Manado Ocean Declaration akan kita bawa ke Kopenhagen dalam pertemuan perubahan iklim di Denmark bulan depan,” ujar SBY.

Soal pengelolaan perubahan iklim ini, SBY menegaskan bahwa Indonesia punya rencana yang pasti mulai tahun ini sampai 2020. “Utamanya yang saya sebut action plan 2020, energy mix 2020, dan selanjutnya action plan 2050,” tegas SBY.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: