Posted by: Hendra Siry | 5 June, 2009

Marwan: Nasib Fadel Muhammad Terselamatkan

VIVAnews – Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Marwan Effendy mengatakan tidak ada temuan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi pengucuran dana sisa lebih Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2001 dengan tersangka Fadel Muhammad. Hal itu, kata Marwan sesuai dengan audit Badan Pemeriksa Keuangan.

“Jadi, nasib Fadel terselamatkan,” kata Marwan kepada wartawan, Jumat 15 Mei 2009. Namun, Marwan tidak menjelaskan lebih lanjut arti kata ‘terselamatkan’ itu. Ada arah ke penghentian kasus? “Nanti diusulkan ke Jaksa Agung.”

Selain itu, Marwan menilai pada saat pembagian uang di Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Gorontalo, tidak melibatkan Fadel selaku Gubernur Gorontalo.

“Dalam pembagian itu ada kesepakatan bahwa kalau ada sesuatu dari pembagian uang, itu adalah tanggung jawab anggota DPRD,” ujar Marwan.

Kejaksaan Tinggi Gorontalo menilai kasus tersebut tidak perlu dilanjutkan. “Kalau dilanjutkan akan repot. Belum ada unsur pidana bersama-sama,” kilah Marwan.

Selain itu, Marwan mengatakan membantah pengembalian uang oleh Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Amir Piola Isa. “Setelah kami cek, tidak ada pengembalian uang dari dia,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 2001, Pemerintah  Gorontalo dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat menyepakati pengucuran sisa APBD ke 45 anggota Dewan. Totalnya, Rp 5,4 miliar.

Pengucuran dana  atas desakan  anggota Dewan yang menginginkan adanya mobil dinas masing-masing.

Sebelumnya, Kejaksaan menilai Fadel Muhammad telah melanggar aturan dengan membuat surat keputusan Nomor 112 Tahun 2002, Nomor 16 Tahun 2002 tentang pelampauan APBD  2002. Surat itu keluar tanpa melalui rapat paripurna atau rapat pimpinan. Langkah ini  bertentangan dengan Pasal 133, 134 dan 135 Keputusan DPRD Provinsi No. 03  2001  tentang Tata Tertib Anggaran.

VIVAnews, Jum’at, 15 Mei 2009, 13:37 WIB


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: