Posted by: Hendra Siry | 29 May, 2009

Marwan: SP3 Fadel Tak Terkait Politik

VIVAnews – Kejaksaan Agung membantah penghentian kasus dugaan korupsi Fadel Muhammad berkaitan dengan posisi Fadel sebagai tim sukses calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Di gedung bundar ini tidak ada politik-politik,” kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Marwan Effendy kepada wartawan, Selasa 26 Mei 2009. “Yang ada di sini adalah hukum.”

Marwan menjelaskan usulan penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) Fadel yang juga Gubernur Gorontalo dalam dugaan korupsi penyelewenangan sisa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Gorontalo 2001 karena sejumlah fakta baru hasil ekspose.

Kejaksaan menemukan bahwa Fadel memang meneken pembagian dana ke anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah saat itu. “Dari hasil ekspose, Fadel mengeluarkan SK bahwa Gubernur menegaskan DPRD akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu dengan aliran dana itu,” kata dia.

Selain itu, sambung Marwan, penyidik menilai Fadel terpaksa mengalirkan sisa dana sebesar Rp 5,4 miliar itu karena berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban sebagai gubernur. “Ini bisa kami maklumi.”

Surat mengenai hasil ekpsose itu diteken Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Bambang Waluyo pada 1 Mei 2009.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 2001, Pemerintah  Gorontalo dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat menyepakati pengucuran sisa APBD ke 45 anggota Dewan. Totalnya, Rp 5,4 miliar.

Pengucuran dana  atas desakan  anggota Dewan yang menginginkan adanya mobil dinas masing-masing.

Sebelumnya, Kejaksaan menilai Fadel Muhammad telah melanggar aturan dengan membuat surat keputusan Nomor 112 Tahun 2002, Nomor 16 Tahun 2002 tentang pelampauan APBD  2002. Surat itu keluar tanpa melalui rapat paripurna atau rapat pimpinan. Langkah ini  bertentangan dengan Pasal 133, 134 dan 135 Keputusan DPRD Provinsi No. 03  2001  tentang Tata Tertib Anggaran.

VIVAnews, Selasa, 26 Mei 2009, 15:16 WIB


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: