Posted by: Hendra Siry | 30 March, 2009

Italia akan Bangun PLT Ganggang Berkekuatan 40 MW

Roma – Pelabuhan Venesia Italia akan membangun PLTG. Bukan Pembangkit Listrik Tenaga Gas yang dimaksud, tapi tenaga Ganggang yang akan menghasilkan listrik 40 megawatt (MW).

Ganggang alias algae merupakan salah satu tanaman tertua alias primitif di muka bumi. Beberapa perusahaan berlomba menemukan manfaat dan mengkomersilkan ganggang sebagai sumber energi. Caranya, dengan mengubahnya menjadi minyak sayur, yang menjadi bahan biodiesel dan bahan bakar lain.

Di Venesia, ganggang di budidayakan di laboratorium, dengan menaruhnya di silinder plastik. Dalam silinder itu, air, karbon dioksida (CO2) dan sinar matahari berinteraksi melakukan fotosintesis, pemasakan makanan sendiri bagi tumbuhan.

Biomassa yang dihasilkan fotosintesis itulah yang akan digunakan untuk memproduksi bahan bakar yang akan memutar turbin. Karbon dioksida yang dihasilkan dari proses pembakaran itu dikembalikan lagi ke ganggang, untuk dipakai lagi sebagai bahan fotosintesa. Hasilnya, emisinya nol.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (25/3/2009) pembangkit listrik itu mulai beroperasi dalam waktu dua tahun ke depan. Listrik yang dihasilkan adalah 40 MW. Kebutuhan pelabuhan itu adalah 7 MW, sisa energi yang dihasilkan untuk memenuhi energi bagi kapal-kapal yang sedang sandar.

Pembangkit listrik bebas emisi ini membantu menjaga keseimbangan ekologi kota di atas air ini. “Pembangkit akan dibangun bekerja sama dengan perusahaan energi terbarukan Enalg senilai US$ 272 juta (Rp 3,1 triliun),” ujar juru bicara Otoritas Pelabuhan Venesia.

Selain pembangkit listrik tenaga ganggang, otoritas pelabuhan juga berencana membangun taman sel fotofoltaik yang bisa menghasilkan 32 MW tenaga matahari.

Sumber: detik News, Nograhany Widhi K


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: