Posted by: Hendra Siry | 22 March, 2009

Enam Paus Hitam Terdampar di Aceh

Enam ekor ikan paus hitam, Sabtu (14/3) terdampar di Pantai Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Warga berusapa menyeret kembali ikan tersebut ke tengah laut tetapi tidak berhasil. Ikan tersebut kini menjadi tontonan warga.Seorang nelayan di Lancok, Aswadi alias Aples (25 tahun), mengatakan sekitar pukul 05.00 WIB, sejumlah nelayan yang sedang menjala ikan di pesisir pantai Lancok melihat lima ekor paus berenang ke tepian pantai. Sementara satu ekor paus yang tampak sakit di atas punggung mereka, tidak lama kemudian kelima paus tersebut meninggalkan temannya di bibir pantai serta menjaga di sampingnya. “Para nelayan langsung berlari melaporkan kejadian tersebut kepada warga,” kata Aswadi, Sabtu (14/3).

Aswadi mengatakan, setelah beberapa jam berada di pinggir pantai, sekitar pukul 08.10 lima dari enam ekor paus  tersebut kembali ke tengah laut. Namun mereka tidak pergi melainkan hanya menjauh sekitar 2 kilometer seolah menjaga dan mengawasinya. Melihat dari kondisi tubuh paus yang lemas, masyarakat memperkirakan paus yang panjangnya mencapai 11 meter tersebut dalam keadaan sakit. “Kejadian ini memang bukan yang pertama kalinya. Namun tetap saja menarik untuk disaksikan,” kata Aswadi.

Dengan menggunakan speed boat, para nelayan berusaha  menyeret ikan paus itu kembali ke tengah lautan. Namun, tidak berhasil karena terlalu besar. Akhirnya, ikan tersebut menjadi tontonan warga. Warga berharap ada pihak yang membantu ikan paus tersebut karena bisa kembali ke tengah lautan. “Kalau memang sedang sakit, ada yang membantu mengobati dan membawanya kembali ke tengah laut,” ujar Ishak, warga setempat.
Sumber : Jurnal Nasional, 16 Mar 2009 oleh : Budi Winarno, Lhokseumawe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: