Posted by: Hendra Siry | 15 January, 2009

Abrasi Pantai Tinggal 1 Km dari Permukiman

Abrasi pantai sepanjang 5 kilometer di Kecamatan Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, tinggal 1 kilometer mendekati permukiman warga. Kerusakan hutan bakau mengakibatkan intrusi dan tingginya air laut pasang. Parahnya, kondisi abrasi ini akibat masyarakat sekitar pantai menebang pohon bakau secara agresif untuk pembukaan tambak ikan dan untuk kayu bakar, kata Didi Wurjanto, Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Jambi, Senin (12/1).

Pihaknya telah menetapkan larangan menebang pohon bakau dan membuka tambak ikan baru bagi warga setempat. Untuk tambak ikan yang telah ada, pengelolaannya diatur lebih ketat.  Menurut Didi, kerusakan hutan bakau terparah terjadi di Desa Sungai Ular dan Desa Alang, Kecamatan Sabak Timur.

Daerah itu semula akan dikembangkan sebagai daerah wisata. Namun, hal itu kini terhambat. Apalagi air pasang menjadi lebih sering terjadi. Warga juga makin kesulitan memperoleh air tawar karena terjadi intrusi air laut.  Berdasarkan Data Wetlands International Program, konversi lahan untuk tambak ikan menjadi penyebab penyusutan hutan bakau di Jambi sebesar 6 persen (64.498 hektar). Padahal, fungsi hutan bakau adalah melindungi daratan dari bencana, seperti tsunami atau air laut pasang.
BKSDA Jambi kini merehabilitasi hutan bakau di kawasan pantai timur Jambi. Selain menanam pohon bakau baru, menurut Didi, pihaknya memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan usaha madu alam. Potensinya sangat besar. Mereka bisa menghasilkan lebih dari 1 ton madu asli per bulan, kata Didi. (ITA)
Sumber: Kompas, 13 Januari 2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: