Posted by: Hendra Siry | 21 December, 2008

Biota Laut Karimunjawa Mulai Berkurang

Kondisi terumbu karang di Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara masih bagus. Namun, biota laut yang hidup di sekitar terumbu karang mulai berkurang. Padahal, biota laut tersebut menjadi penunjang kelestarian terumbu karang.

“Area tutupan terumbu karang di perairan Karimunjawa mencapai 34 persen hingga 78 persen,” kata Ketua Marine Diving Club (MDC) Universitas Diponegoro Huda Saka Al Alam, Kamis (18/12), di Semarang. Huda dan tim MDC baru saja melakukan Ekspedisi Corallium X di perairan sekitar Pulau Tengah pada 28 November – 4 Desember lalu.

Dalam ekspedisi itu, tim MDC mengumpulkan data komposisi karang dan ikan karang yang berada di sekitarnya. Data tersebut nantinya akan disumbangkan ke Pemerintah Kabupaten Jepara dan Balai Taman Nasional Karimunjawa untuk diolah lebih lanjut.

Pembina MDC sekaligus peneliti terumbu karang, Munasik, mengatakan, persoalan selanjutnya adalah tren berkurangnya biota laut di perairan Karimunjawa. “Penyebab berkurangnya ikan dan biota laut di perairan ini masih terus diteliti,” kata Munasik.

Ada dua kemungkinan, kata Munasik, yaitu penurunan kondisi terumbu karang yang tidak mendukung kehidupan biota laut atau faktor luar seperti penangkapan ikan atau limbah. Oleh karena itu, untuk menjaga kelestarian terumbu karang dan biota laut perlu kerja sama berbagai pihak.

“Kami berencana memberdayakan para nelayan yang ada di sana. Merekalah yang berada di perairan itu setiap hari,” kata Munasik. MDC juga membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah atau lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap kelestarian terumbu karang.

Menurut Huda, fungsi terumbu karang di perairan Karimunjawa sangat penting sebagai penghalang ombak. Dengan demikian, ekosistem di perairan tersebut bisa tetap bertahan dan berkembang.

“Kami terus memonitor keadaan terumbu karang di Karimunjawa,” kata Huda. Dua tahun lalu, tim MDC telah mengumpulkan data di perairan sebelah barat. Untuk selanjutnya, MDC akan menentukan tiga titik baru. Peningkatan kesadaran untuk menjaga terumbu karang telah dilakukan MDC dengan menggelar lomba karikatur di Kampus Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro pada Kamis lalu. Sebanyak 12 karikatur yang bercerita tentang terumbu karang dan biota laut dilombakan di tempat itu. (DEN)

Sumber: Kompas, 20 Desember 2008


Responses

  1. Biota apa saja yang populasinya berkurang pak? Sudah bertahun-tahun sejak kunjungan terakhir saya ke Karimun Jawa, jadi ingin tahu. Oya, apa boleh bertukar link? terimakasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: