Posted by: Hendra Siry | 3 December, 2008

Ikan Purba Ditemukan di Perairan Laut Sulut

Nelayan asal Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) menemukan ikan purba, coelacanth (Latimeria menadoensis) di perairan Talise Likupang, Minahasa Utara. Penemuan ikan purba yang dikenal sebagai ikan raja laut ini merupakan penemuan keempat sejak tahun 1997.

“Cukup menggemparkan, karena tertangkapnya ikan purba pada Selasa (25/11) oleh nelayan itu menunjukkan bahwa perairan Sulut men- jadi lokasi ikan purba berkembang biak,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut, Xandramaya Lalu di Manado, Kamis (26/11).

Tertangkapnya ikan coelacanth ini merupakan peristiwa langka yang langsung mendapat perhatian dari berbagai pihak di Sulut karena ikan ini telah menjadi maskot pelaksanaan konferensi kelautan dunia pada Mei 2009 di Manado. Coelacanth dikenal sebagai ikan purba yang diperkirakan muncul di bumi pertama kali sekitar 360 juta tahun lalu pada zaman Paleozoikum.

Penemuan ikan purba tersebut di Talise dapat memperkuat rencana pemberlakuan perairan Talise dan sekitarnya sebagai marine protect area. Ikan coelacanth ditemukan nelayan asal Likupang, Esrom Paus sewaktu menjaring ikan. Dia kemudian langsung melaporkan penemuan tersebut kepada DKP Sulut. Ikan purba yang pada saat ditemukan dalam keadaan hidup, kini sudah disimpan di tempat pendinginan di Tanawangko, Minahasa. Coelacanth yang ditemukan ini berbobot 10 kilogram, tebal 20 cm, panjang 98 cm, dan lebar belakang 21 cm.

Dr Ir Astoni Angmalisang Msc, ahli perikanan dari Universitas Sam Ratulangi Manado mengatakan, perairan Sulut memang dari hasil penelitian, banyak berkembang biak ikan purba.

Sumber: Suara Pembaruan, 27 November 2008


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: