Posted by: Hendra Siry | 2 December, 2008

Pajak Fiskal ke Luar Negeri Mulai Naik 2009

Mungkin berita di bawah ini bermanfaat .
Terlampir juga Surat Dirjen Pajak tentang Sunset Policy.

Saya yang awam tentang perpajakan, sampai saat ini selalu tidak setuju dengan kebijakan fiskal  dan logika pemungutan fiskal sebagai bentuk pungutan PPh dimuka yang bisa diperhitungkan. Seolah-olah yang berangkat ke luar negeri adalah orang yang berpenghasilan tinggi dan harus dipotong duluan plus dianggap jalan-jalan.

Lagian, untuk melakukan pungutan tersebut saya rasa lebih banyak ongkosnya. Kalaupun ada lebihnya tidak berdampak apa-apa ke bandara atau pelabuhan tempat dikutipnya fiskal tersebut.

Saya rasa sudah saatnya sekarang kebijakan fiskal dihapuskan yang menurut saya kontra-produktif dengan mobilitas dan perubahan yang berlansung saat ini. Jangan ditunda-tunda atau memaksimalkan pungutan fiskal. Juga menurut saya tidak perlu diadakan kenaikan kalau tujuannya hanya agar semua warga negara memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak. Akan menjadi kebijakan yang tidak populer dan semakin menambah beban bagi warga negara.

======================

Pajak Fiskal ke Luar Negeri Mulai Naik 2009 
Ditulis oleh Ali   
Senin, 10 November 2008 07:25
Ini kabar yang kurang enak buat Anda yang belum punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Mulai tahun depan, jika Anda ke luar negeri, tarif pembayaran Fiskal akan naik. “Berapa tarif barunya, nanti akan saya beri kabar,” ujar Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution, kemarin. Pemerintah, menurut Darmin, akan menerbitkan peraturan kenaikan tarif fiskal yang mulai berlaku efektif pada 2009. Darmin sengaja menaikkan tarif fiskal sebelum pungutan ini hapus dari muka bumi pada 2011. Penghapusan bea fiskal pada 2011 itu adalah amanah UU Pajak Penghasilan  PPh.

Pungutan fiskal adalah bagian dari PPh. Setiap orang yang bertolak ke luar negeri wajib membayarnya. Sebetulnya, pembayaran ini juga bisa menjadi pengurang kewajiban PPh pribadi atau PPh perusahaan jika bersedia mengurusnya. Dan mulai tahun depan, orang yang sudah memiliki NPWP tak perlu lagi membayar bea fiskal.

Karena itu, Darmin mengimbau masyarakat segera membuat NPWP. Bila tidak, selain bisa terkena denda pajak, mereka harus tetap membayar tarif fiskal yang tarifnya bakal lebih mahal dari tarif sekarang ini.

Saat ini, kewajiban membayar fiskal di bandara dan pelabuhan buat warga Indonesia yang ingin ke luar negeri Itu berlaku bagi warga berusia di atas 12 tahun.Di bandara ongkos fiskalnya sebesar Rp 1 juta per orang dan di pelabuhan Rp 500.000.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Melchias Markus Mekeng setuju dengan kebijakan ini. Ketentuan bebas fiskal bagi pemilik NPWP adalah bentuk pemberian bonus pada masyarakat. Sebaliknya, bagi mereka yang belum punya NPWP, ini adalah semacam sanksi. Tujuan utamanya, agar masyarakat jatuh membayar pajak,” ujarnya

Pengamat Pajak Hendra Wyana juga menilai rencana kenaikan tarif fiskal ini wajar. Selain karena tarif saat ini sudah berlaku cukup lama, kebijakan ini dapat mendorong masyarakat mendapatkan NPWP. “Kenaikan ini bisa menjaring masyarakat yang suka ke luar negeri,” kata Hendra

Di luar orang yang sudah memiliki NPWP, pemerintah juga memberikan fasilitas bebas fiskal khusus dengan kriteria tertentu. Misalnya untuk anggota korps diplomatik, pejabat negara, anggota TNI dan Polri serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tengah bertugas dan menggunakan Paspor Dinas. Jamaah haji dan petugas haji juga bebas dari pungutan ini.
 

Sumber : Harian Kontan


Responses

  1. Blog bagus bro and thanks for visiting my blog.

    http://www.naizalnorewan.wordpress.com

  2. Selamat Tahun Baru Hen !

    Naizal Norewan

  3. alo…

  4. korupsi dengan motif pajak fiskal???
    indonesia sangat disayangkan pada tahun 2009 sekarang ini
    para pemungut pajak fiskal bisa disuap
    pakan baru


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: