Posted by: Hendra Siry | 23 November, 2008

Dunia Dukung Laboratorium Bawah Laut Wakatobi

Kendari (ANTARA News) – Sejumlah negara di Eropa dan Asia mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, membangun laboratorium bawah laut di daerah kepulauan itu, demikian Bupati Wakatobi Ir. Hugua di Kendari, Sabtu.

Ide membangun laboratorium bawah laut itu sendiri timbul setelah Bupati Wakatobi itu tampil sebagai pemakalah dalam rangka promosi wisata keanekaragaman terumbu karang Kepulauan Wakatobi di London.

Hugua mengatakan, rencana pembangunan laboratorium bawah laut itu juga didukung  tiga lembaga perguruan tinggi terkemuka Amerikan Serikat dan Inggris serta pakar biologi dunia Draham Jc Undewood, George W, Beccaloni, Shane Winser dari Royal Geography Society, dan mantan Menteri Keungan Inggris Ken Clark.

“Rencana pembangunan laboratorium bawah laut di Wakatobi itu hampir sepenuhnya akan dibiayai sponsor dari luar negeri, sedangkan Pemerintah Kabupaten Wakatobi hanya menyediakan sarana dan prasarana lainnya,” katanya.

Jika terlaksana, maka obyek wisata laut di Wakatobi yang dikenal dengan sebutan “segi tiga surga karang dunia” itu akan menjadi sarana parawisata bertaraf internasional.

Menurut Hugua, sektor parawisata bawah laut merupakan andalan Pemkab Wakatobi untuk mengejar ketertinggalan dari sejumlah obyek wisata laut dunia yang sudah lama dikenal para wisatawan mancanegara.

Dia mengunggkapkan, awal tahun depan para donatur dunia itu berencana melakukan kunjungan wisata ke Wakatobi sekaligus melakukan penyelamanan dasar laut di pulau karang itu.

“Kita harapkan kehadiran para pemilik modal mancanegara itu bisa lebih meyakinkan minat mereka menginvestasikan dananya di daerah kepulauan ini,” kata Hugua. (*)

Advertisements

Responses

  1. Memang bagus rencananya pak bupati, tapi jangan sampai kedepannya orang pribumi hanyalah sebagai penonton saja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: