Posted by: Hendra Siry | 13 November, 2008

Keseriusan Kerjasama Australia dan Indonesia Lewat AIMF

CANBERRA, SELASA – (KOMPAS) Indonesia dan Australia masing-masing menghadirkan enam menterinya dalam pertemuan Forum Menteri Australia-Indonesia (AIMF) kesembilan yang berlangsung di Canberra pada Selasa (11/11) dan Rabu (12/11) yang membahas berbagai masalah bilateral.  Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith mengatakan, delegasi yang dipimpinnya beranggotakan Menteri Perdagangan Simon Crean, Menteri Imigrasi dan Kewarganegaraan Senator Chris Evans, Menteri Perubahan Iklim dan Air Senator Penny Wong, Menteri Lingkungan Hidup Peninggalan Sejarah dan Seni Peter Garrett, Jaksa Agung Robert McClelland dan Menteri Dalam Negeri, Bob Debus.

Sementara itu, delegasi RI dipimpin Menteri Luar Negeri, Dr Hassan Wirajuda. Selain Menlu Wirajuda, lima menteri yang memperkuat delegasi RI adalah Menteri Perdagangan Mari Pangestu, Menteri Pertanian Anton Apriyantono, Menteri Kelautan dan Perikanan  Freddy Numberi, Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalatta.

Menlu Stephen Smith mengatakan, AIMF kesembilan ini mengupas berbagai masalah bilateral dalam bidang politik, ekonomi, perdagangan dan bantuan pembangunan.

Pertemuan Komisi Bersama Kemitraan Australia-Indonesia tentang masalah kerja sama pembangunan juga diselenggarakan bertepatan dengan penyelenggaraan AIMF ini.

  “Saya menyambut baik partisipasi perwakilan bisnis dari kedua negara pada Dialog Bisnis AIMF pada 11 November, yang akan memberikan kesempatan berharga bagi terjadinya dialog sektor swasta dengan para Menteri Australia dan Indonesia serta para pejabat senior terkait,” kata Stephen Smith.   AIMF kesembilan ini juga didahului dengan pertemuan awal antara para pejabat keamanan senior di bawah Traktat Lombok yang resmi berlaku sejak 7 Februari lalu, katanya.

Menlu Smith mengatakan, kerja sama praktis kedua negara telah memberikan hasil yang sangat baik dalam memerangi ancaman keamanan bersama, seperti terorisme dan penyelundupan manusia.

Dalam konferensi persnya kepada wartawan Indonesia di Canberra, Menlu Hassan Wirajuda menekankan bahwa hasil pertemuan AIMF kesembilan ini akan semakin memperkuat kerja sama bilateral di bidang ekonomi, perdagangan, dan kerja sama pembangunan.   Dalam pertemuan itu, kedua pihak akan menandatangani Rencana Aksi “Perjanjian Lombok” untuk memastikan berjalannya berbagai kerja sama yang tertuang di dalam perjanjian keamanan tersebut.

 Perjanjian Lombok yang menjadi landasan kuat bagi peningkatan kerjasama Indonesia-Australia itu meliputi 10 bidang kerjasama, yakni pertahanan, penegakan hukum, kontra terorisme, intelijen, keamanan maritim, keselamatan pembangunan dan keamanan pencegahan senjata pemusnah massal.   Selanjutnya di bidang kerjasama darurat, kerjasama dalam organisasi dunia tentang isu-isu keamanan dan kerjasama antar masyarakat.

AIMF yang berdiri sejak 1992 ini merupakan forum utama tingkat menteri bagi kerja sama Australia dengan Indonesia. Forum tersebut memberikan kesempatan bagi para Menteri dari berbagai portofolio untuk memajukan bidang kerja sama yang menguntungkan bagi kedua negara.


Responses

  1. bisa bantu kami? saya ada proposal perikanan untuk budidaya, penangkapan, konservasi terumbu karang. kem ana bisa saya kirim? ada channel gak untuk bisa dapat bantuan dari australia?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: