Posted by: Hendra Siry | 16 August, 2008

Sebanyak 569 Telur Penyu Disita

Sukabumi, (ANTARA News) – Polresta Sukabumi menyita sebanyak 569 telur penyu saat melakukan razia kepada para pedagang telur penyu di sejumlah pusat keramaian di Kota Sukabumi, Jumat.

Razia yang dilakukan oleh Polresta Sukabumi dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di sejumlah wilayah Sukabumi, antara lain di Jl Ahmad Yani berhasil menangkap tiga tersangka perdagangan penyu dengan barang bukti sebanyak 596 telur penyu.

Ketiga pedagang yang tertangkap tangan menjual telur penyu itu adalah Ny Rohimah (48) warga Parungseah RT 02 RW 06 Desa Parungseah, Sukabumi, Pepen (48) warga Kampung Selaeurih RT 02 RW 07 Kelurahan Dayeuh Luhur dan Ny Nenah (43) warga Kampung Cikondang RT 03 RW 08 Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Kapolresta Sukabumi, AKBP Rudi Antariksawan mengatakan razia tersebut digelar karena semakin maraknya perdagangan telur penyu di Kota Sukabumi, padahal kegiatan dilarang.

Larangan itu, terdapat dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem terutama dalam Pasal 21 ayat 2 huruf e Jo Pasal 40 ayat 2, yang berisi larangan untuk mengambil, merusak, memusnahkan, memperniagakan, menyimpan atau memiliki dan atau satwa yang dilindungi.

Berdasarkan UU tersebut para tersangka dapat dijerat dengan hukuman maksimal lima tahun penjara dan denda Rp 100 juta karena kedapatan memiliki, menguasai, menyimpan dan memperniagakan telur penyu (telur satwa yang dilindungi-red).

Sementara itu salah seorang tersangka, Pepen, mengaku, memperoleh telur penyu dari seseorang yang bernama Rozak, diperoleh dari Pantai Pangumbahan, Ujunggenteng, Sukabumi Selatan.

Ia menambahkan, biasanya dirinya berhasil menjual sebanyak 40 hingga 50 telur penyu/hari di seputar Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi, yang dijual bervariasi antara Rp4.500 hingga Rp5.000/telur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: