Posted by: Hendra Siry | 14 August, 2008

WOC Strategis Untuk Penyelamatan Lingkungan

Manado, (ANTARA News) – Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH), Rachmat Witoelar mengatakan, kegiatan World Ocean Conference (WOC), di Kota Manado, Sulawesi Utara, 11-15 Mei 2009 merupakan langkah strategis untuk membahas penyelamatan lingkungan.

“Dunia semakin mengalami kemunduran akibat degradasi lingkungan alam yang sudah tidak bisa dicegah, sehingga perlu peran untuk mengantisipasi dampak buruk dari ancaman tersebut,” kata Meneg LH, saat membuka Konferensi Badan Kerja sama Pusat Studi Lingkungan (BKPSL) Indonesia, Rabu di Manado.

Kegiatan WOC (Konferensi dunia tentang Kelautan) mendapat dukungan penuh dari masyarakat internasional, karena langkah untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global (Global warming), sudah harus dilakukan sejak sekarang, kata Menteri.

Masalah laut bagian terbesar dari global warming, karena penyerapan CO2 sangat tinggi, sehingga harus dijaga kelestarian lingkungan dan biotanya, sehingga manusia bisa bertahan hidup.

WOC sudah disosialisasikan ke UNEP hingga ke badan dunia PBB, dan diharapkan bisa menghasilkan Manado `Roadmap` terhadap penyelamatan lingkungan dan laut.

Pada Konferensi Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan (BKPSL) se perguruan tinggi di Indonesia itu, turut dihadiri mantan Menteri LH era Orde Baru, Emil Salim, kalangan ilmuwan dan pemerhati lingkungan se Indonesia.(*)


Responses

  1. lingkungan akan hancur lebur, jika tidak dikelola. penebangan hutan, penambangan merajalela di berbagai wilayah di indonesia. Mari cetuskan gerakan penyelamat lingkunngan hidup dan hajar perusak lingkungan.

  2. jangan pernah menyalahkan masyarakat dlm pelestarian lingkungan hidup, salahkan aparat dan pejabat yang berwenang, Saya geram kalau denger berita ada pembalakan liar merusak hutan sampai 100 hektar, ko bisa gak kelihatan kan sesuatu yang mustahil. lahan yang begitu luas, juga waktu nya juga pasti berbulan – bulan, kalau memang tidak ada konspirasi itu tidak mungkin terjadi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: