Posted by: Hendra Siry | 15 May, 2008

Ribuan Mangrove di Semarang Tersapu Air Pasang

Semarang (ANTARA News) – Ribuan tanaman mangrove (hutan bakau) yang ditanam pada Hari Bumi sebulan lalu di kawasan pantai Kalisantren, Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang hanyut tersapu air pasang.

“Sekitar 30 persen dari 32 ribu tanaman mangrove yang ditanam masyarakat menyambut Hari Bumi bulan April lalu telah tersapu air pasang yang terjadi Rabu (14/5) sore,” kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Lingkungan Pesisir, Abdul Aziz di Semarang, Kamis.

Menurut dia, tanggul pantai yang ditanami mangrove terendam air pasang dan menghanyutkan bibit mangrove yang baru ditanam.

“Air pasang kemarin cukup tinggi sekitar 1,5 meter sehingga tanggul tenggelam,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat berencana akan melakukan tambal sulam bagi mangrove yang hanyut pada Hari Lingkungan besok pada 5 Juni 2008.

Secara keseluruhan, katanya, masyarakat Mangunharjo telah menanam mangrove sekitar 600 ribu batang di 80 areal tambak yang masih aktif.

Ia menyebutkan, dalam 10 tahun terakhir sebanyak 109 hektare kawasan tambak di Mangunharjo telah hilang akibat abrasi.

“Dua tahun ke depan kalau kita tidak upayakan menahan gelombang laut dengan menanam mangrove maka tambak yang ada akan hilang terkena abrasi,” katanya.

Selain menanam mangrove, katanya, upaya lain untuk tanggulangi abrasi yakni dengan membuat trucuk bambu bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jateng.

“Pada Hari Lingkungan nanti kami juga akan menanam bibit nyamlung yang buahnya nanti bisa dimanfaatkan untuk membuat minyak sebagai pengganti minyak tanah,” katanya.(*)


Responses

  1. Saya kbtulan pernah tinggal di semarang. Memang di sana itu ROB dan sejenisnya telah jadi sebuah “teman hidup”, tidak bisa diacuhkan melainkan dikelola..

    Mungkin perlu pertimbangan mendalam juga tentang strategi lokasi dan atau mungkin teknik yang paling tepat dan efektif agar usaha mulia teman2 di semarang yang melakukan replant menjadi lebih maksimal dan tidak terpengaruh oleh rob yang memang harus dikelola.

    tetap semangat..!

    salam go blue

    Jensi Sartin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: