Posted by: Hendra Siry | 14 January, 2008

Info Akomodasi Canberra: Currong Apartments

Informasi ini berasal dari Kang Jajang Setiadi. Saya berdiskusi dengan kang Jajang selepas sholat Jumat minggu lalu tentang pengalaman beliau mendapatkan Currong Apartment plus kiat-kiatnya. Hasilnya beliau bersedia berbagi informasi untuk di-posting di blog ini. Berikut informasinya setelah saya sunting ulang :

Currong apartments adalah satu dari beberapa apartemen yang dimiliki Pemerintah ACT (Department of Dissability, Housing and Community Services) yang tersebar di sepanjang Ainslie Avenue. Currong adalah apartment tertua yang selesai dibangun pada 1928 dan belum pernah direnovasi secara besar-besaran. Saat ini, sebagian besar penghuninya adalah mahasiswa international dengan mayoritas berasal dari Vietnam dan Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh) serta China. Memang sampai saat ini tidak banyak mahasiswa Indonesia yang jadi penghuni di Currong. Selain Kang Jajang, pernah ada mba Ale, mas Puji, mas Eddy (sudah pulang) mas Tjipto, mba Susi (segera pulang), dan mas Deden (sekitar 1 tahun lagi).

Dengan lokasi yang sangat strategis (hanya 5 menit jalan kaki ke Canberra Centre) serta biaya sewa yang murah, Currong Apartment banyak diminati oleh mahasiswa ANU. Harga sewa satu kamar di Currong $ 134/minggu dan $149/minggu untuk yang apartment 2 kamar. Cukup murah memang, karena disubsidi oleh Pemerintah ACT.

Untuk mendapatkkan apartment ini mesti melalui tahapan daftar tunggu yang panjang, meski ada yang beruntung sehingga tidak memerlukan masa tunggu yang lama. Setiap menjelang akhir tahun antara september – Desember pelamar yang ada di daftar tunggu (waiting list) paling sedikit berjumlah 40 sampai 50 orang. Pengalaman Kang Jajang, biar diterima si pelamar harus rajin menanyakan pihak Havelock Housing Association dan bahkan kalau perlu datangi kantor pelayananannya setiap hari.

Dulu pihak Department of Dissability, Housing and Community Services membolehkan keluarga dengan anak sebagai penyewa Currong. Namun mulai 2008, aturan baru telah diberlakukan yakni Department of Housing hanya menerima penghuni baru mahasiswa internasional lajang (single international student) atau mahasiswa dengan pasangannya tanpa anak (student with familiy without kids). 

Formulir lamaran Currong Apartments bisa didownload atau diambil di Gedung Havelock Housing Assoc. Havelock Housing Association Inc adalah penyedia akomodasi jangka panjang dengan harga terjangkau untuk yang berpenghasilan kurang (low to medium income). Detail alamat kontak Havelock Housing Association sebagai berikut:

85 Northbourne Avenue
Turner ACT 2612

Telp: 02-62572277
Fax: 02-62480865
Email: info@havelock.asn.au
Jam kerja:
09.00 pagi – 05.00 sore (Senin, Rabu, Kamis dan Jumat)
Selasa: 09.00 – 12.30
Waktu istirahat: 12:30 – 1:30 

Dokumen pendukung lamaran yang diperlukan untuk Currong Apartment adalah:

  1. Detail beasiswa karena terkait dengan jumlah penghasilan dan kategori yang layak mendapatkan apartment ini. 
  2. Surat keterangan dari University Accommodation Service (UAS),
  3. Surat keterangan dari ALO & IEO
  4. Slip gaji (jika ada) dan hasil inspeksi terbaik dari unit terdahulu (optional).

Responses

  1. wah…. hebat… salut atas karyanya
    ditambah lagi salut atas kebaikan hati bang Hendra berbagi dg teman2
    PS: lebih baik pihak ADS dikasih info web ini agar teman2 baru yg akan datang ke Canberra bisa mendapatkan manfaatnya

  2. Sekali lagi, terima kasih banyak Mbak Lili atas kunjungan dan komentarnya. Usulan yang bagus, saya akan beritahu Liz. Saya barusan kirim ke IALF Jakarta.

  3. Salam kenal Pak Hendra,
    Bagaimana dengan akomodasi buat yang bawa keluarga pak? sepertinya harga unit2 off-campus di Canberra mahal-mahal sekali ya….
    Bulan Juni tahun ini insyaAllah saya akan mulai kuliah di ANU dengan beasiswa dari ADS dan rencananya mo ngajak keluarga, tapi belum apa-apa saya udah stres duluan nih pak liat harga sewa unit di Canberra yang mahal abis.
    Tolong disharing infonya ya pak
    Makasi banyak sebelumnya 🙂

    -Lita-

  4. Salam kenal juga Mbak Lita,
    Terima kasih udah berkenan mengunjungi blog saya dan meninggalkan komentar. Memang berburu akomodasi di Canberra butuh perjuangan, namun yakinlah pasti ada jalan keluarnya. Insya-Allah kalau ada info saya bagi nanti.

  5. Assalamualaikum.

    Hey mas..lam kenal..nih Fikri, penghuni Currong juga..hehe…room matenya akh Jajang.

    Wssalam.

  6. Waalaikumsalam Fikri,

    Salam kenal juga. Selamat menikmati Canberra.

  7. Hallo Boy, apa kabar

  8. Mas Hendra,

    Informasi akomodasi ini sangat bermanfaat buat mereka yang merencanakan study di Canberra.

    Terima kasih dan salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: