Posted by: Hendra Siry | 5 January, 2008

Waspadai Perubahan Cuaca, Waspadai Mimisan

Perubahan cuaca yang mendadak atau pergantian musim di Canberra membawa berbagai efek sampingan bagi kesehatan seperti alergi terhadap serbuk sari bunga yang bermekaran atau perubahan suhu yang berujung pada hay fever dan mimisan. Anak saya beberapa hari yang lalu mimisan sampai tiga hari berturut-turut.

Perubahan cuaca bisa menyebabkan peradangan pada hidung sehingga menyebabkan mimisan atau dalam istilah medisnya epistaksis. Hidung mampet karena udara dingin, atau sebaliknya, panas karena mulainya musim panas bisa menyebabkan peradangan. Radang membuat pembuluh darah melebar dan cenderung mudah terjadi perdarahan akibat pecahnya jaringan anyaman pembuluh darah. Perdarahan terjadi di daerah hidung yang disebut pleksus kieselbach.

Alergi terhadap perubahan cuaca bisa menyebabkan pilek kental dan lama. Pilek ini berakibat radang pada hidung dan memicu mimisan. Biasanya gejala seperti ini sering terjadi pada anak memasuki usia kelima atau keenam.

Tips mencegah mimisan

Ada cara praktis yang memungkinkan untuk mencegah kemungkinan mimisan. Dokter kami menyarankan untuk menggunakan Vaseline white petroleum jelly. Krim yang berasal dari parafin lunak ini cukup dioleskan ke dalam lubang hidung sebelum tidur atau jika diperlukan di saat udara kering. Hal ini membantu melembabkan rongga hidung sehingga mecegah peradangan jaringan anyaman pembuluh darah di hidung. Harga krim ini sekitar AUD 4 – 5 bergantung ukuran dan mereknya. Saya menyarankan agar krim ini disiapkan dalam kotak obat di rumah.

vas_wpetrjelb.gif

Jika terjadi 

Bila mengalami mimisan, langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Duduk agak menganjur ke depan.
  • Bernafaslah melalui mulut sambil menjepit lubang hidung kuat-kuat selama sekitar 10 menit, agar darah mengumpal dan menyumbat pembuluh darah yang cedera.
  • Jangan membuang ingus sampai beberapa jam setelah pendarahan berhenti agar tidak membuka sumbatan pembuluh darah yang mulai pulih.
  • Carilah bantuan medis bila pendarahan terus berlanjut sampai lebih dari 20 menit atau bila pendarahan tersebut terjadi setelah benturan keras yang memungkinkan tulang hidung patah.

Dicuplik dari berbagai sumber dan konsultasi dokter.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: