Posted by: Hendra Siry | 27 December, 2007

Tips Berburu Akomodasi di Canberra (3)

Menyambung informasi tips terdahulu, berikut saya sampaikan informasi penting yang harus diketahui dalam melakukan penyewaan properti di Canberra sebagaimana disarankan oleh Tenant ACT:

  1. Sewa menyewa properti diatur dalam satu dokumen hukum perjanjian sewa menyewa (Tenancy Agreement) antara penyewa (Tenant) dengan pemilik properti (Landlord) atau agen properti yang ditunjuk oleh pemilik properti. Tenancy Agreement merujuk pada the ACT Residential Tenancies Act 1997 (RTA) yang memberikan kepastian hukum akan hak-hak penyewa. Hubungan antara Tenant dengan Landlord/Agent adalah hubungan setara.
  2. Tenancy Agreement berimplikasi pada tanggung jawab secara finansial, sehingga pastikan anda mengetahui hak dan kewajiban sebagai penyewa.
  3. Tenancy Agreement berlaku tetap (fixed term), biasanya enam (6) bulan atau setahun sesuai kesepakatan bersama.  Setelah habis masa fixed term, jika penyewa tetap menempati properti dan tidak memperbaharui Tenancy Agreement, maka perjanjian sewa berlaku secara periodik. Pemilik properti/agen tidak dapat memaksa penyewa untuk menandatangani Tenancy Agreement yang baru. 
  4. Jika waktu sewa berlaku secara periodik berarti penyewa bisa keluar dari properti yang ditempati kapan saja tanpa melanggar isi perjanjian dengan memberitahu pemilik properti/agen empat (4) minggu sebelum keluar.  
  5. The RTA menetapkan ‘standard tenancy terms’ (STTs) yang merupakan perlindungan dasar bagi penyewa. Setiap pemilik properti/agen wajib memenuhi ketentuan STTs.
  6. Penyewa berhak mendapatkan perlindungan sebagaimana tercantum dalam STTs (meski tidak dicantumkan dalam Tenancy Agreement). Penyewa berhak mendapatkan kenyamanan akan properti yang disewa serta  nilai dari uang sewa yang dibayarkan. Pemilik properti/agen wajib memenuhi standar sebagaimana diamanatkan STTs. 
  7. Bacalah Tenancy Agreement secara seksama akan isi perjanjian yang mencakup lama sewa, harga sewa dan kondisi tertentu yang mungkin menjadi klausa dalam perjanjian. 
  8. Jangan pernah menandatangani atau memberikan paraf persetujuan pada dokumen perjanjian atau klausal hingga anda benar-benar paham akan maksud dari dokumen atau klausal tersebut.
  9. Pastikan setiap hal yang telah disetujui bersama dituangkan secara tertulis, misalnya perbaikan atau melengkapi peralatan atau perabotan. Jika pemilik properti/agen lupa mencantumkan hal tersebut, segera surati.
  10. Periksa secara seksama kondisi tertentu yang tercantum dalam Tenancy Agreement dan pasyikan tidak bertentangan dengan STTs.
  11. Pemilik properti/agen wajib melampirkan satu eksemplar buklet “The Renting Book” dari Office of Fair Trading yang berisi penjelasan umum akan hak dan kewajiban penyewa, pemilik properti dan agen.
  12. Siapkan pembayaran pertama yang berjumlah biasanya enam (6) minggu sewa yang terdiri dari Bond dan pembayaran sewa dua (2) minggu di awal (2 weeks rent in advance). Bond merupakan uang jaminan sewa yang disimpan oleh the Office of Rental Bonds, Magistrar General. Bond dapat diuangkan kembali setelah selesai masa sewa. Biasanya pemilik properti/agen memungut bond untuk selanjutnya disetor ke the Office of Rental Bonds, Magistrar General dalam waktu paling lama dua (2) minggu. Pastikan anda menerima tanda terima dari bond yang dibayarkan.
  13. Berdasarkan peraturan yang berlaku, hanya bond yang merupakan biaya dimuka yang boleh dipungut oleh Landlord/Agent. Biaya lainnya seperti biaya kunci, inspeksi dan persiapan dokumen adalah ilegal.
  14. Setiap Tenancy Agreement melampirkan dua (2) eksemplar Condition of Premises Report yang berisi kondisi aktual properti saat akan disewa. Satu eksemplar adalah daftar inventaris yang harus dilengkapi dalam sehari setelah menempati properti. Satu eksemplar berikutnya yang lebih bersifat detail, mesti dikembalikan dalam waktu dua (2) minggu. Periksa secara seksama laporan tersebut dan tulis setiap detail yang mungkin tidak sesuai dengan kondisi yang ditemukan.  Condition of Premises Report  akan menjadi rujukan di saat berakhirnya masa sewa. Ambil foto akan kondisi yang tidak sesuai jika diperlukan. 
  15. Jika pemilik properti/agen tidak memberikan laporan tersebut, maka lakukan sendiri laporan tersebut setelah menempati properti. Formulir laporan bisa diperoleh dari Office of Rental Bonds.
  16. Jika ada hal-hal yang tidak bisa terselesaikan antara penyewa dan pemilik properti/agen, maka hal tersebut bisa dibawa ke forum Residential Tenancies Tribunal (RTT) untuk diselesaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: