Posted by: Hendra Siry | 24 December, 2007

Tips Berburu Akomodasi di Canberra (1)

Berburu akomodasi di Canberra merupakan suatu tantangan, apalagi bagi kawan-kawan yang baru datang dan mempunyai keluarga yang akan segera bergabung di Canberra. Tantangan itu tidak saja tingginya kompetisi mendapatkan akomodasi yang diinginkan dan sesuai dengan kondisi keuangan, namun juga perlunya ekstra usaha (kegigihan) menghubungi agen atau pemilik properti.

Ada beberapa cara untuk mengetahui ada atau tidak properti yang bisa disewa. Satu cara yang mudah dan murah adalah mengakses situs AllHomes yang memuat informasi terkini akomodasi dengan fitur-fitur yang memudahkan penggunakan melakukan modifikasi pencarian. Situs ini juga mengklasifikasikan akomodasi berdasarkan letak, jumlah kamar (berikut kamar mandi, ruang tamu, toilet dll), peta lokasi, tipe akomodasi, harga sewa perminggu, alamat kontak bahkan foto-foto akomodasi yang diinginkan. Hasil pencarian tetap harus ditindaklanjuti dengan mengunjungi langsung akomodasi yang diinginkan.

Cara berikutnya adalah dengan melihat iklan setiap hari Rabu dan Sabtu di Canberra Times, koran harian terbesar  di Canberra. Meski harian ini mempunyai link situs pencarian properti, namun kurang “user friendly“.

Cara lain adalah minta bantuan pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) ANU, UC atau ACT untuk memberikan informasi akomodasi yang lowong. Cara ini bisa terbilang ampuh karena iklan akomodasi (shared, take over) terkadang suka diumukan di milis PPIA. Bahkan dua tahun belakangan ini PPIA ANU melakukan pendataan akan akomodasi yang bisa menjadi tempat transit sementara sebelum mendapatkan akomodasi yang diinginkan. Sehingga bisa meringankan beban pencari akomodasi yang biasanya datangnya bersamaan dengan tingginya kompetisi mendapatkan akomodasi.    


Responses

  1. mas, ada lagi peluang yg bisa dimanfaatkan. di situs http://www.anu.edu.au klik di ‘future student’, trus ‘accommodation’, masuk di ‘housing on line’. di sini ada beberapa pilihan: properties for rent, share accommodation, house sitting (menempati rumah orang yg lagi liburan/travelling), dan private board accommodation (kos di keluarga ausie). memang yg diiklankan tidak banyak, tapi karena ngga pakai agen prosesnya lebih sederhana. dan yg pasti karena diiklankan di situs kampus, kita ga perlu khawatir tentang eligible atau tidak, karena biasanya saingannya sesama students. beda dg lewat agen yg persaingan pasar bebas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: