Posted by: Hendra Siry | 19 December, 2007

Informasi: Tourist Refund Scheme (TRS)

Saya pernah diskusi dengan mas Teguh Triono (ANU/CSIRO) tentang pajak barang yang dapat diklaim kembali sewaktu meninggalkan Australia, baik pulang sebentar karena fieldwork atau liburan (meski bukan memegang visa turis), maupun pulang habis. 

Berikut saya sertakan informasi mengenai Tourist Refund Scheme (TRS) yang brosurnya tersedia dalam bahasa Indonesia.

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan adalah sebagai berikut: 

Bagaimana saya mengajukan klaim?

Klaim dapat anda ajukan sampai 30 menit sebelum saat keberangkatan pesawat yang dijadwalkan. Pada hari keberangkatan anda harus:

  1. Memperlihatkan dokumen dan barang di bawah ini kepada petugas Pabean di fasilitas TRS : paspor, faktur penjualan berpajak asli, pas naik pesawat internasional, dan barang-barang yang dibeli.
  2. Memilih cara pembayaran: kartu kredit, rekening bank di Australia, atau cek yang dibayarkan dalam bermacam-macam mata uang.

Pabean berupaya membayar dalam waktu 15 hari kerja.

Apakah saya dapat mengajukan klaim untuk semua barang?

Tidak dapat. Akan tetapi kebanyakan barang yang dapat dibawa sendiri memenuhi syarat untuk memperoleh uangganti pajak.Misalnya pakaian, perhiasan, sepatu, kamera, peralatan listrik kecil, cendera mata dan anggur.

Apa yang TIDAK memenuhi syarat untuk memperoleh uang ganti pajak?

Jasa seperti akomodasi, sewa mobil dan perjalanan wisata. TRS hanya memberikan uang ganti GST untuk barang-barang yang diekspor. Oleh karena jasa dikonsumsi di Australia sebelum berangkat, maka jasa tidak memenuhi syarat untuk memperoleh uang ganti pajak.

Anda tidak dapat mengajukan klaim uang ganti pajak untuk:

  • Bir, minuman keras dan produk tembakau. Barang-barang ini dapat dibeli bebas cukai dan bebas GST di toko-toko bebas cukai.
  • Barang-barang bebas GST.Di Australia ada beberapa barang, seperti beberapa produk kesehatan tertentu, yang bebas GST.Kalau barangtidak dikenai GST, maka anda tidak dapat mengklaim uang ganti pajak.
  • Barang-barang yang dikonsumsi. Barang-barang yang seluruhnya atau sebagian sudah dikonsumsi di Australia seperti anggur, cokelat atauparfum.
  • Barang-barang berbahaya. Barang-barang seperti silinder gas, petasan dan aerosol dilarang di kabin pesawat terbang dan kapal laut untukalasan keselamatan.

 Apa perbedaan antara faktur penjualan berpajak (tax invoice) dan tanda terima?

Faktur penjualan berpajak dengan jelas mencantumkan katakata “tax invoice” dan menyebutkan Nomor Bisnis Australia (Australian Business Number – ABN) pengecer, harga penjualan termasuk GST yang dipungut, jenis barang-barang yang dibeli, nama pemasok dan tanggal pembelian. Ini semuanya merupakan bukti yang diperlukan oleh Pabean untuk mengesahkan pembelian. Faktur penjualan berpajak (tax invoice) di atas $1000 harus pula menyebutkan nama serta alamat atau ABN pembeli. Anda harus minta faktur penjualan berpajak (tax invoice) dari pengecer pada waktu anda membeli barang. Ada pengecer yang memberikan faktur penjualan berpajak sebagai tanda terima biasa.

Apakah saya dapat membeli barang dari sembarang pengecer?

Anda dapat membeli barang dari sembarang pengecer yang dapat memberikan faktur penjualan berpajak.Ada pengecer yang memasang logo TRS di kaca etalasenya.

Apakah saya dapat membeli barang-barang dari beberapa toko?

Dapat.Asalkan anda mempunyai satu faktur penjualan berpajak seharga $300 atau lebih (termasuk GST) dari setiap toko.

Bagaimana kalau saya membeli barang-barang yang harga seluruhnya berjumlah $300 (termasuk GST) dari satu toko yang sama selama beberapa hari dalam jangka waktu 30 hari?

Sebaiknya anda minta kepada pengecer agar semua pembelian anda dimasukkan dalam satu faktur penjualanberpajak dengan harga yang berjumlah $300 atau lebih (termasuk GST). Sebaiknya anda memastikan bahwapengecer bersedia melakukan hal ini sebelum anda membeli barang-barang itu.

Bagaimana kalau saya tidak dapat memperlihatkan barang-barang saya?

Petugas Pabean di fasilitas TRS perlu yakin bahwa barangbarang dibawa ke luar Australia. Kalau anda tidak dapatmemperlihatkan barang-barang anda kepada petugas Pabean, maka ada kemungkinan klaim anda akan ditolak.

Kembali ke Australia?

Barang bebas cukai dan/atau pajak yang dapat anda bawa masuk ke Australia terbatas jumlahnya. Barang yang dibeli bebas cukai dan/atau pajak di mancanegara atau sebelum meninggalkan Australia, termasuk barang-barang yang dibeli di bawah program TRS, ikut diperhitungkan pada saat menentukan banyaknya barang bebas cukai yang dapat anda bawa masuk ke Australia. Barang-barang dengan klaim TRS yang sudah disetujui harus dilaporkan kepada Pabean pada saat anda tiba kembali di Australia. Informasi lebih lanjut mengenai banyaknya barang bebas cukai yang dapat anda bawa masuk termuat dalam brosur Ketahuilah Sebelum Anda Berangkat (Know Before You Go) yang dapat diperoleh dari Pabean.

Informasi selanjutnya:

Pabean dapat dihubungi dengan

Telepon: Di dalam Australia – 1300 363 263 dengan biaya panggilan lokal

Di luar Australia – 61 2 6275 6666

Internet: www.customs.gov.au

Email: information@customs.gov.au

Keluhan dan Pujian

Telepon: Di dalam Australia – 1800 228 227 (panggilan cuma-cuma)

Di luar Australia – 61 2 6275 6666

Email: comments@customs.gov.au


Responses

  1. Da Hendra, mau nanya ttg claim pajak barang elektronik.
    Seorang teman pernah bilang klo,’Pajak barang2 elektronik hanya bisa di klaim terhitung 30 hari sebelum meninggalkan Australia’. Benar gak? Mungkin Uda punya info?Saya tidak menemukan info ttg ini di info di atas.

    Add:
    Maksudnya 30 hari sejak pembelian sampai meninggalkan Australia. Dengan kata lain, barang2 tsb baru kita beli 30 hari atau kurang pada saat kita meninggalkan Australia.

  2. Jupri,

    Terima kasih atas kunjungannya di Blog saya.
    Iya, barang yang akan diklaim harus dibeli dalam jangka 30 hari dari tanggal keberangkatan. Artinya, kalau mau beli barang bagusnya mendekati hari keberangkatan. Barang yang dibeli lebih dari 30 hari dari tanggal keberangkatan tidak sah untuk direfund.

  3. dear hendra,
    hope you’re still updating this 🙂

    mau tanya
    untuk claim GST return, apakah harus leave australia for good?
    misal saya pemegang visa student, saat pulang ke indo, berarti saya akan kembali lagi ke oz misal 2 minggu lagi.
    apakah tetap bisa klaim GST ?

    thx

  4. hallo pak Hendra,,
    mohon bantuannya, 3 bulan lalu saya baru pulang dari australia dan membeli barang elektronik,, sesampainya di Melbourne airport saya mengajukan klaim ke TRS dan dilakukan pengembalian 10% melalui kartu debit BRI yang ada logo master card,,, dan diberitakan paling telat 2 minggu akan sampai uangnya,,bahkan sampai sekarang uangnya tidak muncul2…

    saya sudah email ke pihak australia dan mereka mengatakan transaksi saya sudah sukses dengan no kartu xxxxxxx……namun saya menghubungi bri mengatakan bahwa tidak bisa pihak tertentu mengirim uang melalui debit card, kecuali menggunakan kredit card


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: