Posted by: Hendra Siry | 18 December, 2007

Prosedur Lapor Diri di KBRI Canberra

Penjelasan mekanisme lapor diri di KBRI Canberra adalah sebagai berikut:

1. Ada dua macam pelayanan dalam melapor diri ke KBRI. Pertama, lapor diri dan kedua pencantuman alamat domisili (di paspor present address), yang berguna untuk menegaskan yang bersangkutan berdomisili di alamat dimaksud sehingga merupakan rujukan bagi petugas pajak di bandara untuk tidak memunggut fiskal bagi yang bersangkutan, atau dikenal dengan bebas fiskal.

2. Jika yang bersangkutan pindah alamat disarankan untuk segera melakukan perubahan alamat, sehingga cap present address akan diganti sesuai dengan alamat yang terkini. Formulir untuk perubahan alamat juga terlampir.

3. Biaya untuk lapor diri dan pencantuman present address bagi pegawai negeri sipil atau pegawai di lembaga pemerintahan dan keluarga : gratis. Untuk melakukan lapor diri dokumen yang harus dibawa adalah paspor, formulir lapor diri (terlampir), surat persetujuan penugasan ke luar negeri dari Setneg atau kartu pegawai atau surat jalan dari instansi yang bersangkutan.
 
4. Biaya untuk lapor diri bagi non-pegawai negeri sipil dan keluarga : gratis, namun biaya untuk pencantuman present address: AUD 10 perorang. Ketentuan ini juga berlaku bagi dosen PTS meskipun mempunyai surat persetujuan penugasan ke luar negeri dari Setneg atau atau surat jalan/pengantar dari instansi yang bersangkutan ataupun Kopertis. Untuk pembayaran KBRI hanya menerima money order atau bank cheque. KBRI tidak menerima pembayaran dalam bentuk tunai atau menggunakan EFTPOS dan kartu kredit. Jadi bagi yang masuk dalam kategori non-PNS ingin melapor diri dan mencantumkan present address dokumen yang harus dibawa adalah paspor, formulir lapor diri, money order atau bank cheque sebesar untuk jumlah yang didaftarkan.

5. Untuk yang baru datang ke Canberra dan mempunyai anggota keluarga yang akan segera bergabung, disarankan untuk melaporkan diri sekaligus dengan anggota keluarga yang akan bergabung nantinya. Hal ini juga akan mempermudahkan bagi yang kan melapor dan pihak KBRI. Sehingga begitu anggota keluarga datang ke Canberra, cukup membawa paspor saja ke KBRI.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: